BUSINESS PLAN PRODUK WARDAH COSMETIK
TUGAS KEWIRAUSAHAAN
Dosen pengampu : Bpk.H.Zikri
KEWIRAUSAHAAN BUSINESS PLAN
PRODUK COSMETIK WARDAH (LIPSTIK,
BEDAK POWDER, DLL)
OLEH :
DESI SELVIA
NPM. 1421030095/MU B
JURUSAN
MUAMALAH
FAKULTAS
SYARIAH
UIN RADEN
INTAN LAMPUNG
2017
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa ini, persaingan produk
kecantikan di Indonesia semakin menguat. Tidak hanya brand import yang
bersaing, namun produk keluaran dalam negeri pun sudah memiliki kualitas yang
tidak kalah dengan produk import. Salah satu dari produk lokal
yang sekarang sedang naik daun adalah, “Wardah”. PT Paragon Technology and
Innovation yang merupakan induk dari Wardah Cosmetic ini berdiri pada tanggal 28 Februari 1985 dengan
nama awal PT Pusaka Tradisi Ibu. Perusahaan ini baru berganti nama menjadi PT
Paragon Technology and Innovation pada tahun 2011. Perusahaan ini didirikan
oleh pasangan suami istri Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati
Subakat, Apt. Wardah merupakan produk kecantikan khusus untuk wanita dan pada
awal pengeluarannya memiliki segmentasi yang sangat spesifik, yaitu kosmetik
sehat dan halal bagi kaum muslim. Setelah munculnya wardah ini, persaingan brand – brand kosmetik jadi semakin
meluas. Tidak hanya dilihat dari mana brand
tersebut, namun produknya pun menjadi sorotan dalam saingan bisnis yang
ada.
Produk yang ditawarkan oleh wardah
pada awalnya adalah produk kosmetik yang sehat serta halal. Penggunaan kata
halal disini adalah untuk menekankan bahwa produk wardah ini sudah jelas sehat
dan tidak memiliki efek samping yang merusak kesehatan. Namun setelah adanya
wardah dengan penawaraanya seperti itu, bermunculan banyak produk kosmetik
lokal lainnya yang membawa misi yang tidak jauh beda yaitu, produk kosmetik
yang sehat dan halal. Kata halal disini menjadi patokan yang sangat kuat jika
kita melihat produk kecantikan, terutama di Indonesia. Sudah banyak konsumen
produk kosmetik terganggu dengan banyaknya produk kosmetik yang tidak sehat dan
memiliki banyak efek samping hingga merusak tubuh, sehingga munculnya wardah
menjadi sebuah terobosan baru.
BAB II
BUSINESS
PLAN
A.
Visi dan Misi
1. VISI
Menjadi perusahaan yang terus berkembang
diberbagai bidang dengan menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.
2. MISI
a. Mengembangkan karyawan yang berkompeten
dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk mendukung tercapainya
kepuasan pelanggan.
b.
Menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta memenuhi kebutuhan
pelanggan melalui program pemasaran yang baik.
c.
Mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek.
d. Terus
berinovasi, menguasai ilmu, menerapkan teknologi baru, dan berinovasi demi
kepuasan pelanggan.
e.
Mengembangkan berbagai unit usaha secara lateral.
B.
Identifikasi Usaha
· Nama Usaha
: Zellsu_WardahCosmetik
·
Pemilik
Usaha : Desi Selvia
·
Alamat Usaha
: Sukarame
·
Contact
Person : 0821xxxxxxx
C.
Ruang Lingkup Usaha
Ruang
Lingkup usaha yang saya jalankan masih disekitar perumahan saya. Sebab usaha
ini masih merupakan usaha kecil-kecilan.
BAB III
ANALISIS USAHA
A. Rencana Produk
Usaha saya
adalah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan produk Wardah. Ide menjalankan
usaha di bidang kosmetik ini berawal dari saya yang sering memakai produk
wardah, dan produk wardah juga terdapat lebel halal. Melihat kondisi di sekitar
tempat tinggal saya terdapat mahasiswa yang berhijab saya memutuskan untuk
menjual produk wardah kepada kalangan mahasiswa sekalian untuk memperkenalkan
produk wardah yang sudah ada sertifikat halal nya.
B. Rencana Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan
Zellsu_WardahCosmetik ini adalah :
· Menjual berbagai merek produk wardah
· Harga yang terjangkau untuk mahasiswa
dan masyarakat
· Tempat yang nyaman
BAB IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
A.
Jenis Produk
Menjual
berbagai macam merek kosmetik wardah.
B.
Prospek Usaha
Bisnis yang saya
jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini, semakin
banyak orang yang memperhatikan penampilannya salah satunya yaitu dengan menggunakan
kosmetik untuk tampil cantik. Makin meningkatnya kebutuhan permintaan berbagai
merek produk wardah, mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di
bidang kosmetik khususnya produk wardah.
C.
Rencana Produksi
Saya memilih
untuk menjualnya di sekitar tempat tinggal saya. fasilitas yang diperlukan
untuk melayani jasa dibidang penjualan produk kosmetik wardah ini adalah :
·
2 etalase
besar untuk meletakkan berbagai kosmetik wardah.
·
4 kursi
apabila konsumen terlalu lama menunggu.
BAB V
RENCANA PEMASARAN
A.
Analisis Persaingan Usaha (SWOT)
1. Strenght
(kekuatan)
·
Harga yang terjangkau terutama
dikalangan pelajar dan mahasiswa
·
Memiliki banyak varian produk
·
Pemasaran yang luas sehingga mudah
ditemukan
·
Produk wardah rata-rata memiliki
wangi yang lembut
·
Pemilihan brand ambassador yang
berhijab menjadi daya tarik produk ini
2. Weakness (kelemahan)
·
Kemasan produk yang kurang menarik
·
Brand masih kurang terkenal
· Wardah berorientasi pada segmen wanita, sehingga susah untuk
mengembangkan lini produk pada segmen pria
mengembangkan lini produk pada segmen pria
·
Masyarakat mempresepsikan wardah sebagai lowerincome sehingga kualitasnya diragukan
3. Opportunity (peluang)
·
Label halal yang ditekankan membuat wardah mempunyai nilai lebih dibanding
komestik lainnya.
·
Bekerja sama dengan suatu film sehingga dapat menaikkan nama produk
4. Treath (ancaman)
·
Banyaknya saingan keosmetik lainnya terutama produk luar negeri yang kualitas dan
harganya lebih bagus (revlon, maybeline)
·
Pertumbuhan penjualan produk yang lambat bisa membuat pendatang baru
mendepak warda
B.
Analisis 4P (Product, Price, Promotion,
Place)
a. Product
· Type
Jual produk wardah (lipstik, bedak,
lation, pelembab, dll.)
· Brand
Zellsu_CosmetikWardah
b.
Price
Estimasi Penjualan Produk Wardah :
No
|
Ukuran
|
Jenis
|
Harga
|
1
|
3,8 gr
|
Exclusive Lipstick
|
Rp. 30.000,00
|
2
|
14 gr
|
Compact Powder Wardah
|
Rp. 30.000,00
|
3
|
150 ml
|
Hand & Body Lotion
|
Rp. 14.000,00
|
4
|
40 ml
|
Moisturizer Cream
|
Rp. 13.000,00
|
5
|
4 gr
|
Blush On
|
Rp. 30.000,00
|
6
|
4,2 gr
|
Eye Shadow
|
Rp. 35.000,00
|
7
|
3,8 gr
|
Lipgloss
|
Rp. 20.000,00
|
c. Promotion
·
Membagikan brosur
·
Membuat sampel kecil-kecil dan dibagikan secara
Cuma-Cuma
·
Make over konsumen secara gratis menggunakan produk
wardah
·
Promosi dengan harga khusus
·
Mengadakan kontes
·
Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar, cara
menggunakan dan manfaat
d. Place
berlokasi Jln.P Ambon /
Terusan Bawean Griya 2 Sukarame
Perumahan Permata Indah Blok C 15
C.
Target dan Segmentasi Pasar
a. Geografi
Wilayah yang
saya jadikan target usaha yaitu di sekitar tempat tinggal saya dan kampus.
b. Demografi
Berdasarkan
demografi, saya menjual di sekitar tempat tinggal saya untuk mempermudah
orang-orang di sekitar tempat tinggal saya untuk membeli produk wardah kosmetik.
D.
Strategi Pemasaran
a. Perkenalan
Bisnis
Usaha yang
saya jalankan bergerak di bidang kosmetik produk wardah dengan harga yang
terjangkau.
b. Media
Pemasaran
Dengan
Membuka satu kios dan promosi melalui brosur dan membagikan sampel secara
cuma-cuma.
BAB VI
RENCANA
PERMODALAN
A.
Biaya Awal
No.
|
Uraian
|
Jumlah
Unit
|
Satuan
|
Harga/satuan
|
Harga
Biaya
|
1.
|
Etalase besar
|
1
|
Unit
|
Rp. 800.000
|
Rp. 800.000
|
2.
|
Lipstik wardah
|
100
|
Unit
|
Rp. 30.000
|
Rp. 3.000.000
|
3.
|
Bedak
powder
|
100
|
Unit
|
Rp. 30.000
|
Rp. 3.000.000
|
4.
|
Hand and body
|
100
|
Unit
|
Rp. 14.000
|
Rp. 1.400.000
|
5.
|
Sewa
Tempat+Listrik
|
1
|
Bulan
|
Rp.
1.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
6.
|
lipgloss
|
100
|
Unit
|
Rp. 20.000
|
Rp. 2.000.000
|
7.
|
Kursi
|
4
|
Bulah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 100.000
|
8.
|
Blush on
|
100
|
Unit
|
Rp. 30.000
|
Rp. 3.000.000
|
9.
|
Eye Shadaw
|
100
|
Unit
|
Rp. 35.000
|
Rp. 3.500.000
|
10.
|
Moisturizer Cream
|
100
|
Unit
|
Rp. 13.000
|
Rp. 1.300.000
|
11.
|
Gaji Karyawan
|
1
|
Orang
|
Rp. 800.000
|
Rp. 800.000
|
Total
|
Rp. 19.900.000
|
B.
Modal Awal
Untuk membeli produk wardah yaitu
sebanyak 700 unit = Rp. 17. 200.000
Total biaya awal =
Rp 19.900.000, jadi Total modal awal = Rp 37.100.000
Rincian Modal :
1. Modal sendiri /
Pribadi : Rp.
13.100.000,-
2. Pinjaman :
Orang Tua
: Rp. 24.000.000,- +
: Rp. 37.100.000
C.
Analisis Keuntungan
Jika dalam sehari menjual 10 produk (lipgloss
) Rp. 20 .000 =
Rp. 200.000
dan 10 produk ( bedak dan blush on ) Rp. 30.000 = Rp. 300.000
Keuntungan per hari =
Rp. 500.000
Keuntungan per bulan = Rp 500.000 x
30 hari =
Rp 15.000.000
D.
Pengembalian Modal
Total modal
awal : keuntungan per bulan = Rp.
37.100.000 : Rp 15.000.000 = 2,5 bulan (97 hari)
BAB VII
RENCANA
ORGANISASI
Rencana
Organisasi usaha hanya terdiri dari dua orang saja, yaitu pemilik usaha dan
karyawan.
BAB VIII
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam
menjalankan usaha
a.
Adanya
persaingan
b.
Harga produk
yang cukup mahal sehingga susah menentukan
harga jual yang murah
c.
Harga yang
bertentangan dengan pesaing lain
BAB IX
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Usaha
dibidang penjualan produk kosmetik wardah ini memberikan peluang pasar yang
sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan kosmetik semakin meningkat. Hal
ini disebabkan karena setiap orang ingin tampil rapi, cantik dan mempesona di
hadapan orang lain. Sasaran konsumen yaitu remaja dan dewasa. Tetapi yang
paling banyak adalah remaja.
B.
Saran
Usaha penjualan produk wardah kosmetik ini tidak memerlukan kreativitas
maupun keterampilan. Dalam menjalankan usaha yang diperlukan adalah kesabaran
dan ketelitian dalam penjualan suatu produk.
LAMPIRAN
Mau dong jd reseller
BalasHapusminta kontak yang mempermudah untuk order prodak
BalasHapusSebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .
BalasHapus